SUMBER-SUMBER IDE BISNIS

 

Sebelum memasuki dunia bisnis, seseorang harus memiliki ide yang sudah dipersiapkan dengan matang dan harus memiliki jiwa kewirausahaan. Wirausaha adalah seorang yang mengorganisasi, mengelola, memiliki keberanian menghadapi risiko, memiliki kecakapan untuk bekerja, berkemampuan mengorganisasi, kreatif, dan Iebih menyukai tantangan.

Ada dua pendekatan utama yang digunakan para wirausaha untuk mencari peluang dengan mendirikan usaha baru, yaitu inside out idea generation dan out side in opportunity recognition. Pendekatan inside-out atau idea generation yaitu pendekatan berdasarkan gagasan sebagai kunci yang menentukan keberhasilan usaha. Dalam menentukan jenis usaha/bisnis yang akan dirintis, seseorang akan melihat keterampilan sendiri, kemampuan, Iatar belakang, dan sebagainya. Pendekatan yang kedua adalah pendekatan the out - side in atau opportunity recognition, yaitu pendekatan yang menekankan pada basis ide bahwa suatu perusahaan akan berhasil apabila merespons atau menciptakan suatu kebutuhan di pasar. Pada pendekatan ini, seseorang akan mengamati lingkungan, mengamati permintaan pasar, dan melakukan pengembangan sehingga permintaan tersebut diubah menjadi peluang bisnis atau peluang ekonomi.

Dalam dunia bisnis, ide merupakan hal yang penting. Hal tersebut dikarenakan ide menjadi cikal bakal konsep usaha yang akan dijalani. Ide merupakan sebuah konsep atau gagasan hasil pemikiran. Dalam dunia usaha, ide merupakan suatu gagasan yang digunakan sebagai rancangan awal sebuah bisnis untuk menentukan arah ke depan usaha tersebut supaya dapat maju dan berkembang.

Ada berbagai sumber ide bisnis yang berpontesial untuk menghasilkan, diantaranya yaitu :

  1. Hobi atau minat
    Setiap manusia pasti memiliki hobi atau minatnya masing-masing. Tidak sedikit orang yang berhasil mendirikan bisnis dengan langkah awal yaitu melakukan hobi atau minatnya. Jika seseorang mengambil langkah serius dalam menjalankan hobinya, maka hal itu dapat menjadi peluang sumber bisnis. Misalnya seseorang memiliki hobi fotografi, maka ia bisa membuka jasa fotografi untuk pernikahan atau fotografer freelance untuk suatu perusahaan. Atau memiliki hobi menulis, kemudian ia mencoba untuk menulis buku atau penulis artikel freelance untuk suatu perusahaan. Menjalankan bisnis di bidang yang kita sukai pastinya akan membuat kita lebih bersemangat dalam menjalaninya.
  2. Keterampilan dan pengalaman pribadi
    Menurut hasil survei, hampir setengah atau 43% responden (wirausaha) menggunakan sumber ide bisnisnya dari pengalaman yang diperoleh ketika bekerja di beberapa perusahaan atau tempat-tempat professional Iainnya. Mereka mengetahui cara-cara mengoperasikan perusahaan dari pengalaman tersebut. Keterampilan dan pengalaman merupakan sumber yang paling penting, tidak hanya untuk menghasilkan ide tetapi juga untuk mendapat keuntungan.
  3. Media
    Media massa merupakan sumber informasi, ide, bahkan peluang yang besar. Contohnya seperti surat kabar, majalah, televisi, dan internet.
  4. Survei
    Inti dari suatu ide bisnis baru seharusnya adalah pelanggan. Kebutuhan dan keinginan dari pelanggan serta alasan pemilihan produk oleh pelanggan dapat dipastikan melalui suatu survei (kuisioner, wawancara, dan observasi)
  5. Keluhan
    Keluhan dan kekecawaan dari pelanggan telah banyak menghasilkan produk dan jasa baru. Keluhan tersebut dapat diubah menjadi sumber ide bisnis karena nantinya menghasilkan produk yang akan menyelesaikan keluhan atau permasalahan tersebut. 
  6. Laporan periodik tentang perubahan ekonomi
  7. Jurnal perdagangan dan pameran dagang
  8. Informasi lesensi produk yang disediakan oleh broker, universitas, dan korporasi lain

Saya pribadi juga sudah memikirkan ide bisnis yang akan saya jalani.
Inside out idea generation
  1. Frozen Food
    Saya memilih frozen food karena penyimpanannya bisa dalam jangka waktu yang lama dan konsumen bisa menikmati makanan tersebut dalam kondisi masih panas atau hangat. Tentunya, makanan akan terasa lebih nikmat ketika masih dalam kondisi hangat, terutama makanan dengan tekstur renyah. Menu awal yang saya pilih yaitu dimsum dan bitterballen. Menurut saya, menu tersebut sangat cocok dijadikan camilan untuk semua umur dan tidak akan membuat cepat bosan. Selain itu, bidang kuliah yang saya jalani yaitu ilmu gizi dimana sangat berkaitan dengan kuliner dan kandungan gizinya.
  2. Jasa Design
    Ide usaha ini muncul dari kemampuan diri saya di bidang design grafis. Jasa design yang saya maksud disini bisa berupa design feeds instagram bagi online shop, logo, dan lainnya.

The out side in opportunity recognition

  1. Fashion Accesories
    Di masa pandemi seperti ini muncul beberapa trend ide bisnis di bidang fashion seperti baju tiedye, masker kain, totebag, dan aksesoris lainnya. Saya memilih ide bisnis tersebut karena peluangnya yang sangat besar untuk dijadikan bisnis. Barang-barang tersebut juga sangat laris khususnya melalui ecommerce.
  2. Bisnis kuliner
    Ide bisnis yang saya lihat dari peluang atau permintaan pasar yaitu coffee, cereal milk, dan makanan yang menggunakan saus mentai. Tetapi resiko dari ide bisnis ini yaitu jumlah pesaingnya banyak karena produk sejenis yang dijual memang sudah banyak di pasar.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

TRANSFORMASI ELEMENTER & DETERMINAN

METODE SARRUS & EKSPANSI LAPLACE

Kemitraan Lembaga Keuangan Penanam Modal/Investasi dan Build Operates Transfer (BOT)